Pendidikan di Mata Ni Kadek Vani

Penulis: Dessy Nur Oktaviani

ni_kadek_vani_apriyantiJakarta, Squadpost.com—Senang dan bangga. Setidaknya itu yang dirasakan Ni Kadek Vani Apriyanti, pemegang gelar nilai UN (Ujian Nasional)  tertinggi se-Indonesia tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) tahun 2013. Anak kedua dari tiga bersaudara ini berhasil lulus dari SMAN 4 Denpasar, Bali, dengan nilai rata-rata hampir sempurna, yaitu 9,87.

Meskipun Vani merasa senang dengan kabar gembira ini, ia mengaku kurang suka menjadi sorotan publik. Ia lebih suka berhadapan dengan individu daripada masyarakat.

Belum habis kebahagiaan Vani, ia mendapat durian runtuh lagi. Vani sekarang sudah resmi menjadi mahasiswa baru Fakultas Kedokteran Universitas Udayana, Bali. Seperti yang sudah ia impikan, ia lolos Seleksi  Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) jalur undangan.

Awalnya, perempuan berusia 18 tahun ini bercita-cita menjadi ilmuwan alam. “Saya suka penelitian. Cita-cita awal saya menjadi scientist. Hanya saja, saya melihat kurangnya apresiasi dan kesempatan untuk seorang scientist di Indonesia,” ujar Vani.

Alhasil, Vani banting setir untuk memilih menjadi calon dokter.

Dokter adalah pekerjaan kedua yang saya sukai. Disamping pelajarannya yang saya sukai, pekerjaan dokter juga mulia,” tandas Vani.

Prestasi yang luar biasa ini bukan serta-merta sebuah keberuntungan. Melainkan hasil kerja keras  selama duduk di bangku sekolah. Selama Sekolah Dasar, orangtua Vani berperan penting dalam perkembangan pendidikannya. Memasuki bangku Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan SMA, semuanya diserahkan ke tangan Vani. Sedari metode belajar sampai jam belajar. Orangtuanya hanya sekadar memotivasi dan memantau proses belajar Vani.

Metode belajar yang ia terapkan tidak rumit dan cenderung santai. Ia lebih suka belajar sambil mendengarkan musik kesukaannya dari boyband Korea, yaitu Bigbang. Kemudian, ia membuat catatan kecil dan menempelnya di dinding kamar.

Kesukaannya dengan Bigbang, terutama G Dragon, salah seorang personelnya membuat Vani semakin semangat dalam belajar. Bahkan ia mengaku, boyband BigBang ia jadikan motivasi dalam belajar dan juga kehidupan.

Pendidikan Indonesia di mata Vani

Pendidikan menjadi hal yang penting bagi Vani. “Pendidikan itu penting sekali, bahkan binatang perlu dididik agar berguna apalagi manusia, pendidikan adalah bekal untuk menjalankan kehidupan,” ujar pemegang medali perunggu OSN (Olimpiade Sains Nasional) Astronomi ini. Konsistensi dan semangat baginya adalah bekal utama dalam mempertahankan segala prestasi yang telah ia dapatkan selama ini.

Masih banyaknya potret pendidikan “laskar pelangi” di era modern ini menggugah hati Vani untuk melakukan sesuatu bagi mereka. Vani sendiri  mengaku sangat  peduli dengan pendidikan yang diberikan untuk anak Indonesia. Banyak keinginan dalam dirinya untuk menunjukkan kepeduliannya, hanya saja ia belum memiliki kesempatan.

“Jika diberikan kesempatan untuk bertemu teman-teman yang kurang beruntung, saya ingin berbagi kisah dan menguatkan mereka untuk meraih mimpi bahwa semua usaha mereka tidak akan berakhir sia-sia. Selalu ada reaksi dari tiap aksi,” cetusnya.

Cerdas. Kata yang tepat untuk menggambarkan cara berpikir Vani. Saat remaja lain menutup mata dengan pendidikan, justru Vani berbeda. Ia membuka mata, hati, dan telinga dengan pendidikan yang dianggapnya penting.

Selalu ada harapan dari tiap siswa dan siswi seluruh Indonesia untuk kemajuan pendidikan, termasuk Vani. Ia berharap dunia pendidikan Indonesia menjadi lebih baik lagi, tujuan dan fungsi utama pendidikan bisa tercapai.

Bukan hanya di atas kertas. Ia juga sangat berharap banyak anak Indonesia yang mandiri dan sesuai dengan cita-cita bangsa.

Semua orang pasti sependapat dengannya. Segala yang terbaik pasti kita harapkan dalam proses kemajuan dunia pendidikan Indonesia. Demi melahirkan penerus bangsa yang berkualitas dan mampu menjadi gerbang menuju masa depan yang baik.

“Berkacalah pada  kekurangan sistem pendidikan sekarang, agar kedepan dapat diperbaiki. Jangan malu mengadopsi cara belajar dari bangsa lain. Selama memberikan dampak positif  bagi kemajuan bagi pendidikan Indonesia,” pesan Vani untuk generasi muda Indonesia.

 

Penyunting: Kahfi Dirga Cahya

5 Comments

  1. Barbara says:

    This is a comment to the webmaster. I came to your page via Yahoo but it was difficult to find as you were not on the first page of search results. I know you could have more visitors to your site. I have found a website which offers to dramatically increase your rankings and traffic to your website: http://bit.ly/WuJy6b I managed to get close to 1000 visitors/day using their services, you can also get a lot more targeted traffic from search engines than you have now. Their services brought significantly more traffic to my site. I hope this helps!

  2. Kyle Loftin says:

    Hi there! I know this is kinda off topic but I’d figured I’d ask.
    Would you be interested in exchanging links or maybe guest writing a blog post or vice-versa?
    My blog addresses a lot of the same subjects as yours
    and I feel we could greatly benefit from each other.

    If you happen to be interested feel free to shoot me an
    e-mail. I look forward to hearing from you!
    Awesome blog by the way!

  3. Mei Komarek says:

    If you desire to increase your knowledge just keep visiting this web site and be updated
    with the latest news update posted here.

  4. Lili Broch says:

    Hello! I know this is kinda off topic but I was wondering if you knew where I could find a captcha plugin for my comment form?
    I’m using the same blog platform as yours and I’m having problems
    finding one? Thanks a lot!

  5. Rosie Prows says:

    It is the best time to make a few plans for the longer term and
    it is time to be happy. I have learn this publish and if I could I desire to recommend you few fascinating
    things or tips. Maybe you could write next articles referring to this article.
    I wish to learn more issues approximately
    it!

Leave a Reply

Your email address will not be published.


six + 3 =

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>